Home   I   Berita   I   Tentang DPRD   I   Sekretariat DPRD   I   Badan Anggaran   I   Badan Musyawarah   I   Komisi   I   Badan Legislasi   l   Badan Kehormatan

 
 

Komisi A DPRD Kabupaten Kediri Mengusulkan Perda Tentang Pemilihan Perangkat Desa

Komisi A DPRD Kabupaten Kediri berencana mengusulkan pembuatan perda tentang pemilihan perangkat desa. Karena mekanisme pemilihan perangkat desa selama ini rawan dijadikan ajang KKN mengingat keputusan pengangkatan perangkat tergantung setiap kepala desa.

Taufik Khafifudin, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kediri bilang, idealnya ada mekanisme sendiri dalam proses pemilihan perangkat desa. Salah satunya dengan system terpusat yang langsung diselenggarakan oleh satuan kerja terkait. Pemilihan perangkat yang lowong di setiap desa diselenggarakan secara bersamaan dan ada tahapan seleksinya. Ada system test, dan sejumlah kriteria bagi warga yang melamar menjadi perangkat desa.

“Dengan diatur melalui mekanisme tersendiri, diharapkan pemilihan perangkat desa di Kabupaten Kediri bisa transparan. Jika menggunakan mekanisme lama sangat kental KKN,”ujarnya.

Kata Taufik, rencana pengusulan perda ini masih dalam pembahasan internal komisi A. Jika sudah ada kepastian, komisi A akan segera menjadwalkan agenda pertemuan dengan satuan kerja terkait guna membicarakan perihal mekanisme pemilihan perangkat desa.

sumber AndikaFM.com


Foto Terkait


 

 

 

 
 

Friend Link


 
 

DPRD Kab. Kediri Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Telp. (0354)681862 Fax (0354)695883

Copyright © 2009 - 2014 DPRD Kabupaten Kediri Jawa Timur - Indonesia

Email : setwan@dprdkedirikab.go.id